|
CC202 Posisi SH |
Lokomotif CC 202 adalah lokomotif buatan General Motors, Kanada dengan Generic name sebagai G26MC-2U. Lokomotif CC202 adalah lokomotif terberat di Indonesia yaitu 108 ton dan merupakan saudara kandung lokomotif SD40 di amerika.
|
CC202 Posisi LH |
Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Armada lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara. Lokomotif ini berjumlah 48 buah dan berada di Dipo Lokomotif
Tanjung Karang (Dipo Induk TNK). Pada bulan April 2003, dipo ini
kedatangan 9 buah lokomotif CC202, dan total saat ini menjadi 48 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 2250 HP namun dibatasi hingga 2000HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' Co'. Artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie di mana setiap bogienya memiliki tiga poros penggerak. Pada awalnya didatangkan pada masa PJKA yakni sekitar tahun 1986 dan dibeli langsung dari General Motors, Amerika Serikat.
Pada batch awal, CC 202 datang dengan jumlah 15 buah dan langsung
ditugaskan untuk kereta babaranjang. Pada awal operasionalnya lokomotif
ini menarik 50-60 gerbong babaranjang namun dikurangi hingga 40 gerbong
karena alasan mesin. Kemudian pada tahun 1990 dan 1995 diimpor lagi CC
202 berjumlah 18 buah. Kemudian dilanjutkan tahun 2001 sebanyak 4 buah.
Lalu tahun 2002 sebanyak 2 buah dan terakhir tahun 2009 sebanyak 9 buah
lokomotif dari EMD
Sumber tenaga
Diesel elektrik |
|
Perusahaan pembuat |
General Motors Diesel - Electro Motive Diesel (EMD) |
Spesifikasi |
Susunan roda AAR |
C-C |
Klasifikasi UIC |
Co'Co' |
Lebar trak |
1.067 mm |
Panjang |
17.678 mm |
Berat lokomotif |
108 ton |
Penggerak utama |
GM 16-645E |
Motor traksi |
6 buah |
Kecepatan maksimum |
80 km/jam |
Keluaran daya |
2250 hp |
0 komentar:
Posting Komentar